우편

17 September 2009

Jaebum kembali ? JYP hanya minta maaf

Jaebum yang telah meninggalkan korea-JYP-2PM dan kembali keSeattle dikarenakan kasus yang menimpanya.
Berikut testimoni yang gw ambil dari koreanindo:

Testimoni lainnya datang dari orang terdekat Jaebum 2pm. Tuan Kim yang anaknya merupakan teman dekat Jaebum mengunjungi Jaebum dirumah nya di Seattle. ketika bapak ini bertanya kepada Jaebum, apakah dia mau balik ke korea, dan Jaebum menjawab:”Iya, tapi saya masih belum yakin.”

saya adalah orang tua dari seseorang yang dekat dengan Jaebum. melihat situasi bbrp waktu yang lalu, saya ingin mengatakan sedikit tentang Jaebum dan keluarga nya. saya punya punya bisnis dengan ayah Jaebum dan sudah menjadi Korean-American selama 30 tahun.

rumah nya Jaebum berada dekat pantai, di daerah pertantanggan kelas menengah, tidak ada BMW atau Lexus digarasi rumah mereka, hanya mobil dengan umur 5-10 tahun ada TV Sony dengan ukuran 37 inch terletak dirumah sejak 10 tahun lalu. saya mengatakan ini agar kalian tahu bahwa gaya hidup nya keluarga Jaebum tidak palsu, tapi lebih ke rendah hati dan normal.

setelah dia balik ke amerika, 2 hari kemudian, ayah nya mengatakan supaya dia berlajar musik, dan membeli piano seharga 300 dollar yang sudah usang dan berumur 15 tahun. tanpa mengeluh, Jaebum hanya belajar, ini membuat saya malu bagaimana bisa saya membelikan piano seharga 5000 dollar untuk anak saya.

pada malam jumat, saya dan ayah nya Jaebum minum bir dan kita berbicara banyak sampe jam 3 pagi. dan tiba2 ayah nya menangis dan merasa telah menjadi orang tua yang buruk bagi Jaebum.

selama 5 tahun, tidak ada yang tahu bagaimana Jaebum menderita karena frustasi dan bekerja dengan keras, dia sangat ingin pulang ke Seattle, tapi dia pernah marah dengan adiknya yang bikin masalah, dia bilang dia pengen spt adik nya, tapi dia kerja ini demi adik nya dan orang tua nya.

bahkan pada saya tanya kepada anak saya, apa sih arti ‘Korean is gay’, artinya adalah Korea itu bodoh atau bikin kesal. pada saat itu, saya percaya bahwa Jaebum tidak mengerti dengan adat orang korea, orang yang mengartikan isi myspace nya Jaebum sebenernya tidak tahu bagaimana anak remaja tinggal di amerika.

bbrp hari lalu, netizen selalu membuat Jaebum lemah, dan saya berterima kasih kepada Boom(MC) yang selalu menelpon Jaebum memantau keadaan nya disini. Jaebum belum bisa keluar rumah dan ke gereja, karena dia masih merasa malu dan bersalah.

tp, sabtu kmrn, ketika kami sekeluarga pergi makan ke restauran Cina, saya lihat mood Jaebum sudah lumayan baik, dan saya bertanya kepada dia, “Jaebum, apa kamu ingin balik ke korea?”

dan dia menjawab:”Iya tapi saya tidak yakin”


original source : isplus
translation : JIHYE@2oneday


JYP said:

Saya telah menerima banyak kejutan tentang apa yang ditulis Jaebum 4 tahun lalu untuk teman nya. Bukan hanya selebriti lainnya, tapi saya juga tidak begitu kaget melihat apa yang dia tulis 4 tahun lalu.

saya sudah tahu kalo Jaebum memang anak yang spt itu.

ketika Jaebum pertama kali datang ke korea 4 tahun lalu, dia memang suka ribut dengan trainee lain, berantem dengan instruktur dance, dan pegawai perusahaan. saya percaya menjadi selebriti korea adalah sesuatu yang konyol bagi dia, dia hanya ingin jadi b-boy di jalanan.

pada waktu itu, dia bahkan mengatakan tidak suka dengan JYP Entertainment, dan pengen ke manajemen lainnya. bahkan dia pernah bilang,kita akan sukses klo kita ga menerima musik JYP. pada waktu itu, pegawai perusahaan mengatakan kenapa kita harus mempertahankan anak ini.

itulah mengapa tidak mengejutkan tentang apa yang dia tulis 4 tahun lalu.

saya suka dengan anak yang suka menentang spt ini, daripada anak baik tetapi menusuk dari belakang, saya suka anak penentang langsung di hadapan saya. saya percaya bahwa anak penentang spt dia punya energi yang banyak, akan tetapi tidak punya tempat untuk menyalurkan energi nya. atau mereka tidak pernah bertemu dengan orang yang akan cukup percaya dengan mereka untuk menunjukkan ke mereka jalan yang benar.

bagi Jaebum, dia sangat mencintai keluarga nya, dia menjadi penyanyi bukan untuk menjadi orang yang banyak uang atau beli baju bagus. akan tetapi untuk memberikan uang ke orang tua nya yang telah berjuang untuk dirinya. dia suka menentang, tapi dia sangat bagus ketika latihan.

suatu hari saya, bilang sama dia, bahwa keluarga itu bukan hanya yang satu darah saja. tolong buka hati mu untuk orang lain, dan mereka akan menerima kamu menjadi keluarga juga. sejak saat itu, dia mulai berusaha untuk berubah, dia mulai berteman dengan trainee lainnya, berbicara dengan pegawai JYP, dan mulai menyenangi waktu nya di atas panggung.

saya memilih nya menjadi leader, dan 6 lainnya percaya bahwa dia akan menjadi leader yang baik. ketika sudah debut, hati nya juga berubah.

fans yang baik, media yang baik, musik yang baik, dan teman yang baik, menyentuh hatinya untuk berubah. saya tahu apa yang saya katakan terlalu bagus untuk menarik dia kembali, jika saya jadi dia, saya juga akan membuat kesalahan yang sama.

email dia terakhir bertuliskan “saya sudah menjadi bajingan kecil di masa lalu. saya hanya ingin kamu tahu, kehidupan saya sudah berubah, membuat sya menjadi orang yang lebih kuat. saya hanya bisa berterima kasih untuk semua nya”

melihat email ini, saya sedih, dan mungkin semua orang merasa terkhianati. akan tetapi percayalah, semua yang dia katakan dan lakukan di TV, tidak ada satupun yang palsu.

Saya berharap, kalian semua menerima keputusan yang telah dia buat.

saya minta maaf sekali lagi.


cr: koreanindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar